Thursday, March 10, 2016




Resep roti ini sebenarnya merupakan adaptasi dari Caterpillar bread punya mbak Endang dari blog Just Try and Taste. Ceritanya waktu itu aku lagi buat mini caterpillar bread untuk bakulan harian. Ternyata terjadi kesalahan (yang menurut aku) kecil tapi fatal akibatnya, aku kehabisan sosis buat isian caterpillar bread nya, padahal dough-nya masih banyak. Sempat panik dan bingung mau di apain itu dough-nya karena nggak mungkin juga dough-nya di simpan di kulkas, iseng-iseng aku tipiskan dough-nya. Terus inspeksi ke kulkas, nyari sesuatu yang bisa menjadi bahan isian si roti. Akhirnya lihat stok isian risoles jagung manis dan akhirnya roti ini aku isi dengan ragout sayur+sosis kemudian aku bentuk jadi bunga mawar lalu di oven. Ternyata oh ternyata, banyak juga yang suka. Oke deh, mari kita intip cara membuatnya yah. Jujur, membuat roti mawar ini ini nggak susah tapi butuh kesabaran dalam mengerjakannya

 

Roti Mawar isi Gurih
Adaptasi dari resep Caterpillar Bread ala Just Try and Taste
 

Bahan dough:
300 gr terigu protein tinggi
80 gr terigu protein sedang
4 gr ragi instant - sekitar 1,5 sdt
5 sdm gula pasir
2 sdm susu bubuk
160 ml air hangat
45 gr mentega/margarin
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt garam

cara membuat :
- untuk biang: campur 1,5 sdm gula pasir dengan ragi instant (aku pake fermipan yaaa) dengan 160 ml air hangat, aduk rata hingga gula larut. biarkan selama 10 menit hingga timbul gelembung-gelembung halus
- di wadah lain, campur terigu, sisa gula pasir, susu bubuk dan garam, aduk rata
- tuang telur kocok ke dalam bahan kering, aduk rata
- masukkan biang, aduk rata hingga setengah kalis
-tambahkan mentega, aduk rata. adonan akan bertekstur kasar dan basah
- uleni adonan hingga kalis elastis, bila adonan terasa agak kering, bisa ditambahkan 1 sdm air hangat.
- bila adonan sudah kalis elastis, istirahatkan adonan hingga mengembang minimal 2 kali lipat (kira-kira perlu 1 jam di dapurku. setelah mengembang, kempiskan adonan, timbang adonan masing-masing 20gr, bulatkan. adonan siap di pakai

bahan ragout sayur+sosis:
- 1 buah jagung manis, disisir
- 1 buah wortel, potong dadu kecil
- 10 buah buncis, iris tipis
- 2 buah sosis, iris tipis
- 1/2 buah bawang bombay, dicincang
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt merica
- 1/2 sdt pala bubuk
- 1 sdt kaldu bubuk (boleh di skip)
- 400 ml susu cair (aku pakai 2 sdm SKM yang ditambah air hingga 400 ml)
- 4 sdm munjung terigu
- 2 sdm mentega
gula garam secukupnya

cara buat:
- panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu, masukkan sosis, aduk rata. masukkan sayuran, tumis hingga agak kering
- masukkan susu cair, bumbui dengan gula, garam, merica, pala bubuk, dan kaldu bubuk. aduk hingga rata. biarkan mendidih hingga air menyusut setengahnya, test rasa
- tambahkan terigu, aduk hingga rata dan kental. biarkan agak dingin

bahan pelengkap:
- 1 butir telur, kocok lepas
- 25 gr keju parut
- 1 batang daun bawang, iris halus
- oregano bubuk secukupnya (boleh di skip)
- saos tomat secukupnya

Penyelesaian:
- ambil satu bagian dough, giling dengan botol/rolling pin hingga tipis, belah jadi 5 bagian
- taruh 1 sdt ragout, beri sedikit saos tomat di atasnya
- bentuk belahan dough membentuk kelopak mawar (gambar di bawah yaaa)
- istirahatkan roti sekitar 10 menit dahulu, baru di olesi dengan telur kocok, kemudian olesi dengan saos tomat tipis-tipis saja. taburi dengan sedikit oregano dan keju parut. beri irisan daun bawang di atasnya.
-panggang roti mawar selama 20 menit dengan suhu 180 derajat celcius. (karena aku pakai otang biasa, aku panggang 10 menit di rak bawah dan 10 menit di rak atas)



 



Catatan:
- untuk satu resep dough ini, aku bisa membuat sekitar 38 buah roti mawar
- roti yang baru di bentuk sebaiknya di istirahatkan selama 10 menit sebelum di oles dengan telu+saos tomat. tujuannya adalah supaya dough bisa mengembang lagi setelah di tipiskan dan menghasilkan roti mawar yang besar
- aku belum tahu berapa lama roti ini bisa bertahan. Karena setiap buat roti mawar sore hari, besok paginya langsung habis hanya dalam waktu 2 jam saja
- selamat mencoba yah, jangan takut gagal ^^

- berikut cara membentuk kelopak mawarnya



0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

About Me

My photo
aku mencintai dunia kuliner sebesar aku mencintai dunia traveling. bagiku sebuah perjalanan tidak akan pernah lengkap tanpa adanya wisata kuliner ^^

Blogger templates

Popular Posts